Selasa, 11 Mei 2010

Teka-teki

Seorang pengembara melanjutkan pejalanannya menuju Puncak Gunung Merapi, setelah 15 hari menempuh perjalanan akhirnya dijumpai sebuah desa dan mampirlah dia ke sebuah warung.

“Selamat siang tuan” : sapa Ibu pemilik warung
“Met siang bu, ini namanya desa apa ya? : tanya sang pengembara.
“oh ini namanya desa Bengong Anom” : jawab pemilik warung
“Maaf bu, saya mau tanya jalan menuju ke Puncak Merapi itu kemana ya? : tanya sang pengembara.

Ditanya tentang jalan menuju puncak, pemilik warung itu trus mendekati sang pengembara, sambil berbicara perlahan, si Ibu itu menjelaskan :

“Begini tuan, dikampung sini itu orangnya memang aneh2, jadi tuan harus hati2 kalau bertanya … nanti di ujung jalan itu (sambil menunjuk) ada pertigaan (ke kanan & kiri), nah dipertigaan itu ada Pos yang selalu dijaga oleh 2 orang bapak-bapak tua yang kembar, tapi sifatnya sangat berlawanan” : cerita ibu tsb.

“lho sifatnya berlawanan bagaimana maksudnya?” tanya sang pengembara penasaran.

“Begini tuan, salah satu bapak itu kalau ngomong selalu jujur apa adanya …. dan satunya lagi ngomongnya selalu bohong … nah tuan nanti tanya saja kepada salah satu bapak-bapak tadi kemana jalan menuju puncak .. ke kiri apa ke kanan ?” : cerita Ibu tsb.

“Tapi hati-hati tuan .. ada yang harus tuan ketahui dan ingat .. bahwa kedua bapak-bapak itu tidak mau ditanyai semua, maunya hanya salah satu saja & hanya mau menjawab sekali saja, .. karena kalau ditanya 2 x .. mereka pasti marah ” : lanjut cerita ibu tsb.

“maaf bu, ibu tahu nggak bapak yang mana jujur & pembohong?”
“Waduh tuan, orang2 dikampung sini gak ada yang tahu termasuk saya, maaf ya? : jawab si Ibu

“Baiklah bu akan saya coba untuk menanyakan kepada salah satu Bapak2 yang dipertigaan itu .. hanya sekali pertanyaan …. terimakasih ya bu ?” : sang pengembara pamit melanjutkan perjalanan.

Sahabat netter yang budiman … Pertanyaan apakah yang harus disampaikan oleh sang pengembara, agar dengan sekali bertanya kepada salah satu bapak yang di pertigaan itu, yg jawabannya nanti bisa membuat sang pengembara tahu arah ke puncak gunung ?
Share:

2 komentar:

  1. Yang jawabannya paling tepat dan masuk akal akan dapat hadiah...

    BalasHapus
  2. paling" yg d taxin tuh jln mana yg menuju k gunung jd jwb yg bener itu aja ko repot....

    BalasHapus

WelCoMe In mY bLoG

Login ke Facebook

BTemplates.com

About Me

Foto saya
Nama lengkap saya Syamsul Alam sering disapa Zhem..... Saya lahir 26 mei 1988 silam di Bone Sul-Sel. Tuhan menciptakan aku melalui pasangan yang berbahagia Syarifuddin dan Rosmidar.. Saya orgnya sangat mengagumi wanita tapi bukan berarti playboy... kata temen2 aku baik enak diajak curhjat tapi kayaknya biasa aja dech... Hoby aku internetan pastinya, Dengar musik atw mainkan alat musik... juga suka banget buat puisi tentu klw ;lg ada inspirasi... mau kenal dekat kirimin aku komentar entar akan aku usahakan menampilkan yang terbaik untuk teman2 sekalian... BY ZHEM

Followers